By : Marsigit, M.A
Reviewed by : Siti Nuruniyah/09301241023 

Pemikiran matematika merupakan dasar pemikiran-pemikiran lainnya. Melalui pembelajaran matematika, siswa dapat belajar berfikir secara rasional. Penerapan matematika sangat luas, seperti dalam fisika, statistik, dan ekonomi. Tujuan mendasar dari mengajar matematika adalah agar mampu berfikir secara rasional untuk mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya.
Ada dua cara membangun kinsep matematika, yaitu dengan eksplorasi menggunakan objek tertentu kemudian mendeskripsikannya. Sebagai contoh, segitiga memiliki tiga sisi, dari sini kemudian didefinisikan bahwa segiriga merupakan gabungan tiga segmen garis yang ujungnya saling bergabung. Yang kedua adalah konsep matematika akan muncul dari kefokusan pada urutan tindakan dan mengatur tindakan sebagai prosedur matematika, seperti menghitung, penambahan, pengalian pembagian dan lain sebagainya.
Umumnya, pembelajaran matematika di SMA guru hanya menyuruh untuk menerapkan rumus yang telah diberikan. Hal ini tentu akan menghambat bagi penanaman konsep matematika dalam pembelajaran. Sehingga siswa akan sulit untuk berlatih berfikir rasional. Pemikiran matematika memiliki keterampilan pengetahuan sehingga dapat dikatakan bahwa berfikir secara matematika berkontribusi dalam memberikan kemampuan penyelesaian masalah.
Berfikir secara matematika memiliki banyak arti bagi pendidik. Ada beberapa
fitur di mana kita dapat mempromosikan berpikir matematika seperti berikut
, fitur pertama adalah reorganisasi melalui mathematization dengan berpikir reflektif, kedua adalah menggunakan konsep matematika pada dunia yang ideal, ketiga adalah belajar bagaimana untuk belajar, mengembangkan dan menggunakan matematika dalam pembelajaran, berbagi ide-ide dan cara berpikir matematika yang diperlukan untuk ilmu pengetahuan, teknologi, pertumbuhan ekonomi dan pengembangan, mengembangkan pendekatan pengajaran pada pemikiran matematika melalui Lesson Study, mengembangkan jaringan untuk berbagi ide tentang pemikiran matematika di tingkat nasional, tingkat regional atau internasional.