Presenting at the Workshop of The Teachers Professional Development
SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN
Saturday, 17 May and Friday 23 May 2008
By : Marsigit
Reviewed by: Siti Nuruniyah
Dalam rangka menyiapkan tenaga kerja yang professional dan juga berwawasan internasional, pendidikan diharapkan mampu menjadi sarana untuk mencapai hal tersebut.  Tidak hanya pendidikan di perguruan tinggi namun juga pendidikan di sekolah, baik sekolah menengah umum maupun kejuruan. Salah satu caranya adalah dengan memakai bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar.
Di sekolah kejuruan, pemakaian bahasa inggris sangatlah penting mengingat sekolah kejuruan merupakan sekolah yang mempersiapkan peserta didiknya agar memiliki keterampilan kerja sehingga diharapkan setelah lulus dapat memanfaatkan keterampilannya tersebut dalam bekerja. Hal ini tentu berbeda dengan sekolah menengah umum yang lebih mengembangkan konsep teori dan pengetahuan abstrak.  Untuk alas an inilah sebagian masyarakat lebih tertarik untuk menempih pendidikan di sekolah kejuruan yang di Indonesia sering disebut dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Untuk mencapai standar Internasional, dibutuhkan dukungan baik dari segi kualitas tenaga pendidik maupun dari segi fasilitas dan pengelolaan sekolah. Sekolah harus mempunyai guru yang dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Sehingga diharapkan mampu menyampaikan pengetahuan dan mengajarkan keterampilan yang dimiliki dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh, dalam sekolah kejuruan dikenalkan nama-nama alat produksi dalam bahasa Inggris serta pemakaiannya.
Pembelajaran akan berhasil jika terdapat komunikasi yang baik. Di sekolah kejuruan guru-guru dapat menggunakan bahasa Inggris dalam memperkenalkan teknologi kepada siswa. Untuk mengembangkan bahasa Inggris di sekolah kejuruan, guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan bahasa Inggris baik dengan siswa lainnya maupun dengan guru. Guru juga dapat membantu mengembangkan bahasa dan mengkolaborasikannya dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Komunikasi dan bahasa adalah dua hal yang telah meresap dalam kehidupan sehari-hari. Berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris sangat penting terutama bagi siswa kejuruan karena dapat menjadi bekal dalam bekerja sehingga lebih kompeten tidak hanya dalam keterampilan kerja namun juga dalam komunikasi.