Mitos dapat diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan tetapi tidak tahu apa makna dibalik melakukannya. Hakikatnya sejak kecil kita telah belajarmelalui mitos. Sebagian besar yang dilakukan oleh anak kecil adalah mitos bagi anak tersebut. Bertindak tanpa berpikir juga dapat diartikan sebagai mitos.
            Jika mitos diartikan sebagai melakukan hal yang tidak dimengerti maknanya, lalu apakah mitos dapat dikatakan sebagai mitos dalam filsafat? Sholat dapat dikatakan sebagai mitos dalam filsafat bila kita melakukan tapi tapi tidak tahu maknanya. Namun tentu beda halnya dengan anak kecil. Walaupun anak kecil tidak tahu makna sholat akan tetapi tetap ada nilai ibadahnya. Jadi dapat dikatakan bahwa mitos berdimensi terhadap ruang dan waktunya. Suatu hal dikatakan mitos untuk kita namun belum tentu bagi orang lain. Akan tetapi akan lebih baik jika kita ketika kita melakukan sesuatu kita mengerti makba ibalik kita melakukan hal tersebut.
            Jika kita mengatakan mitos sebagai hal yang tidak dimengerti oleh kita, lalu apakah dunia ghaib itu mitos? Terkadang mitos dpat mmpengaruhi seseorang sehingga memikirkannya saja orang tidak berani. Dunia ghaib memang tidak dapat dipecahkan secara rasional akan tetapi dapat dipecahkan dengan keyakikan, bahwa kita myakini bahwa dunia ghaib memang benar-benar adanya.        
            Untuk membongkar mitos diperlukan pikiran yang jernih serta hati yang jernih pula serta tidak tertinggal dilandasi dengan spiritual yang tinggi. Misteri yang ghaib hanya dapat dipecahkan dengan keyakinan karena yang ghaib tidak dapat dipecahkan secara rasional. Maka dari itu janganlah selalu mengagungkan rasionalitas karena pada ruang dan waktu tertentu rasionalitas tidak dapat digunakan.
            Mitos telah membuktikan bahwa rasio tidak selamanya benar. Terkadang kit harus meninggalkan raio untuk mncapai suatu kebenaran. Hanya keyakinan atau spiritual yang dapat mmecahkan apa yang tidak dapat dipecahkan oleh rasio. Terlepas dari itu semua, segala yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini adalah karunia dari yang Sang Pencipta yang memang dikaruniakan kepada kita agar kita dapat belajar dan semakin yakin bahwa ada kekuatan maha dasyat yang mengendalikan semua yang ada dan yang mungkin ada.